Pertama dalam sejarah 82 KLOTER JEMAAH HAJI AKAN MENDARAT DI MADINAH

Berita-1Jakarta (Sinhat)–Pertama kalinya dalam sejarah penyelenggaraan haji Indonesia, sebanyak 82 kelompok terbang (kloter) akan mendarat di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz di Madinah, Arab Saudi. Bandara ini baru diresmikan oleh Raja Salman, Kamis (02/07/2015) lalu. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah Abdul Djamil saat koordinasi dan konsolidasi unsur pimpinan Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Tahun 1436H/2015M di salah satu hotel kawasan Kramat Jakarta Pusat, Selasa sore (11/08).
Di Bandara ini lanjut Abdul Djamil kini sudah memiliki runway pendaratan 4500 meter dan sudah bisa didarati oleh pesawat-pesawat berbadan lebar. Dengan kapasitas 8 juta penumpang per tahun pada fase pertama, bandara tersebut akan mampu menampung 18 juta penumpang setiap tahunnya pada fase kedua dan kemudian 40 juta penumpang per tahun pada fase ketiga.

Terminal penumpang utama bandara memiliki 72 loket check-in, delapan di antaranya untuk bagasi berukuran besar, 24 loket check-in mandiri, beserta 26 loket passport keberangkatan dan kedatangan.

“Otoritas bandara memberikan ruang transit kepada jemaah haji setibanya dibandara. Ada 6 ruang tolong diurus, ready atau tidak dan tolong dirancang flow pergerakan jamaah dari pesawat mendarat sampai ke pemondokan,” kata Abdul Djamil.

Menurut Suleiman Al-Hamdan Presiden Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi (GACA), dikutip dari Saudi Gazette Kamis (02/07/2015) lalu, bandara Ini adalah hasil dari kerja sama GACA dengan konsorsium yang dipimpin Tibah Airports Development Co. yang terdiri dari Al Rajhi Holding Group, Saudi Oger, dan TAV Airports Holding. (ha/ar)

http://www.kemenag.go.id

Tentang ramatour

Rama Tour bergerak dalam bidang Tour & travel menyediakan UMROH dan HAJI Plus Serta Ticketing, Wisata Domestik & International
Pos ini dipublikasikan di Haji. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s